Sabtu, 03 Desember 2011

Memahami HTML - Belajar HTML


Bahasa HTML sesungguhnya akan sangat mudah dipelajari setelah Anda memahami dasarnya. HTML dibuat dari tag, sebuah tag adalah sepotong tag yang dikurung oleh <>, kira-kira bentuknya seperti ini:

( <tag> )

Mungkin Anda berpikir mengapa perlu tag? Gampangnya, tag diperlukan oleh browser untuk membedakan mana perintah HTML dan mana yang teks biasa. Kita akan lihat contohnya nanti.

Perlu Anda ketahui ada 2 macam tag, yaitu tag pembuka dan tag penutup. Bedanya sangat mudah dilihat, yaitu ada tandanya / sebelum tag penutup.

      (</tag>)

Secara berpasangan, kedua tag itu akan tampak seperti ini (ingat kata-kata tag nantinya akan digantikan dengan berbagai perintah HTML:

(<tag></tag>)

Saat ini, Anda yang pernah belajar pemrograman,jangan bayangkan HTML adalah bahasa rumit dan penuh dengan percabangan.TIDAK,singkatnya HTML adalah bahasa yang digunakan oleh browser untuk menampilkan halaman web. Efek tag akan diterapkan pada semua tulisan yang berbeda antara 2 tag (pembuka dan penutup). Berikut penjelasannya dengan contoh nyata. Saya akan memberikan contoh yang baik yaitu tag( <center> )yang digunakan untuk menampilkan teks ditengah.

(<ceter>)teks disini akan ditampilkan ditengah(</center>)
hamper semua tag memiliki tag penutup, tetapi ada beberapa pengecualian.
Sekarang, silahkan coba contoh kode diatas dengan menggunakan notepade, dan perhatikan bahwa tag HTML tidak ikut ditampilkan di browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar